Soal Dan Jawaban UTS Pemrograman Dasar Kelas X



Soal Dan Jawaban UTS Pemrograman Dasar Kelas X -  Halo Semua, Kembali dengan saya Admin dari Bookmantis.net , Seperti biasanya. Sekarang saya akan membagikan Soal dan Jawaban MID SEMESTER Pemrograman Dasar, bagi Anda yang sedang kesulitan untuk belajar Pemrograman dasar untuk Ujian Tengah Semester. Maka disini adalah Pilihan yang tepat untuk membantu masalah yang sedang Anda hadapi saat ini. 


Pemrograman Dasar sendiri adalah sebuah Mata Pelajaran dari Kejuruan Rekayasa Perangkat Lunak ( RPL ) dan Tekhnik Komputer Jaringan ( TKJ ) pada Sekolah Menengah Kejuruan atau yang lebih sering disebut SMK. Namun, TKJ atau Teknik Komputer Jaringa  tidak begitu mendalami hal ini, dikarena TKJ berbasic pada Teknisi Komputer dan Mengatur Jaringan Komputer ( lebih mendalami Linux ), Lain hal nya dengan RPL atau Rekaya Perangkat Lunak yang mendalami Hal ini untuk mempelajari Pemrograman Dasar dan tingkat lanjutannya, RPL lebih mengarah kepada Perangkat Lunak atau software yang berbasis open source maupun berbayar yang bertujuan untuk membangun sebuah database atau yang lainnya yang bersifat menggunakan Script Kode Html.




Kelas : X – TKI 2
Mata Pelajaran : Produktif Teknik Komputer dan Informatika (Pemrograman Dasar)
Waktu : 60 menit
Bentuk Soal : Pilihan Ganda 40 soal


 Mesin Pencetak Uang , Belajar editing , Belajar melalui tutorial dan informasi lengkap
Berdo’alah sebelum mengerjakan soal ujian.


 Mesin Pencetak Uang , Belajar editing , Belajar melalui tutorial dan informasi lengkap
Pilihan Ganda Pilihlah salah satu jawaban A, B, C, D, atau E yang benar pada soal berikut:

1. Dalam menyusun suatu program,langkah pertama yang harus di lakkukan adalah :
   
    a. Membuat program
    b. Membuat Algoritma
    c. Membeli komputer
    d. Proses
    e. Mempelajari program 

 Mesin Pencetak Uang , Belajar editing , Belajar melalui tutorial dan informasi lengkap

2. Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah   masalah di sebut :
  
    a. Proses
    b. Program
    c. Algoritma
    d. Step
    e. Diagram

 Mesin Pencetak Uang , Belajar editing , Belajar melalui tutorial dan informasi lengkap

3. Pseudocode yang di gunakan pada penulisan algoritma berupa :
  
   a. Bahassa Inggris
   b. Bahasa Puitis
   c. Bahasa pemograman
   d. Sembarang bahasa asal terstruktur
   e. Bahasa Mesin

4. Pada pembuatan program komputer, algoritma dibuat :
   
   a. Sebelum pembuatan program
   b. Pada saat program dibuat
   c. Sesudah pembuatan program
   d. Pada saat verifikasi program
   e. Pada saat di jalankan

5. Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah :
  
   a. Masalah-Pseudocode-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
   b. Masalah-Algoritma-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
   c. Masalah-Model-Algoritma-Eksekusi-Hasil
   d. Masalah-Model-Algoritma-Program-Eksekusi-hasil 
   e. Algoritma-Program-Model-Eksekusi-Hasil

6. Diketahui bahwa kantong P kosong. Kantong Q berissi 10 buah kelereng dan kantong R berisi 15 kelereng. Apabila yang terbawa hanya sebuah kantong dan di katakan BUKAN kantong P yang terbawa, Maka jumlah kelereng yang terbawa adalah : 
  
   a. 10
   b. 15
   c. 10 atau 15
   d. 10 dan 15
   e. Kosong

7. Diberikan algoritma : Apabila warna merah maka jadi hijau. Apabila warna hijau maka jadi putih, selain warna merah dan hijau maka jadi ungu. Jika kondisi input warna adalah hitam, maka warna jadi :
   
   a. Merah
   b. Ungu
   c. Hijau 
   d. Putih
   e. Abu-abu

8. Instruksi P=Q akan mengakibatkan nilai P=nilaiQ,dan nilai Q menjadi :

   a. Menjadi Sembarang Nilai
   b. Menjadi hampa 
   c. Q tetap 
   d. Menjadi 10
   e. P tetap

9. Apabila a=5, b=10, maka jika di berikan instruksi a=b; b=a akan mengakibatkan :

   a. a=0 , b=5
   b. a=10 , b=5
   c. a=10 , b=0
   d. a=b
   e. a=10 , b=10

10. Di berikan algoritma P=10; P=P+5; Q=P. Nilai P dan Q masing-masing adalah :

   a. 15 dan 0
   b. 0 dan 15
   c. 15 dan 15
   d. 0 dan 10
    e. 10 dan 15

11.struktur pertama dalam pascal adalah . .
a. Char;
b. String
c. End.
d. Writeln
e. Uses crt;

12. Untuk melihat hasil dari program yang di kerjakan tekan tombol ...
a. CRTL+F5
b. CRTL+F9
c. CRTL+F2
d. CRTL+F12
e. CRTL+F4

13. Berapa kode yang digunakan untuk membuat tulisan berwarna “CYAN”…
a. 4
b. 2
c. 128
d. 7
e. 3

14. Perintah dasar sederhana dalam program passcal adalah...
a. Readln
b. End
c. Write
d. Wtiteln
e. Uses crt;

15. Tipe data bahasa pascal untuk TRUE FALSE adalah...
a. String
b. Char
c. Boolean
d. Byte
e. Real

16. Siapkah penemu program pascal…
a. Greyson change
b. Prof.niklaus wirth
c. Kondrazuse
d. Prof.niklaus smirth
e. Dr.harcules

17. Struktur bahasa pemograman pascal paling pertama adalah...
a. Var;
b. Begin
c. End;
d. Uses crt;
e. Writeln;

18. Tipe data pascal untuk karakter adalah...
a. Char
b. Boolean
c. Integer
d. Real
e. Byte

19. Kapan terbentuknya pascal...
a. 1981
b. 1971
c. 1961
d. 1991
e. 1987

20. Apa kepanjangan ari USES…
a. Unit secure
b. Uni t syntax
c. Unit sytem
d. Up software
e. Unit smiconductor

21. Berikut ini adalah penulisan identifier yang benar dalam pemogramn pascal adalah...
a. 9program_satu
b. Program_1
c. Program satu
d. Begin
e. Array

22. Tipe bilangan bulat dalam bahasa pascal dikenal sebagi ...
a. Byte
b. Integer
c. Char
d. String
e. Boolean

23. Istilah” perulangan “ dalam pemograman pascal dikenal dengan ...
a. Repeating
b. Again
c. Funtion
d. Replay
e. Looping

24. Perintah untuk menutup program dalam pascal adalah...
a. End.
b. Program
c. Uses crt;
d. Finish
e. End;

25. Menggambarkan program secara logika merupakan fungsi dari...
a. Flowchart
b. Dxdiag
c. Begin
d. SI
e. Sistem oprasi

26. Deklarasi yang digunakan untuk mengidentifikasikan data yang nilainya sudah ditentukan dan pasti,tidak dapat dirubah dalam program disebut deklarasi...
a. Deklarasi label
b. Deklarasi konstanta
c. Deklarasi tipe
d. Deklarasi variabel
e. Deklarasi prosedur

27. Di bawah ini termasuk dalam deklarasi dalam pascal ,kecuali...
a. Deklarasi perubah
b. Deklarasi proses
c. Deklarasi konstanta
d. Deklarasi tipe
e. Deklarasi prosedut

28. Bilangan yang mengadung pecahan ,palingsedikit harus ada satu digit sebelum dan sesudah titik desimal termasuk dalm tipe data...
a. Real
b. Boolean
c. Integer
d. Longint
e. Byte

29. Prosedur yang digunakan untuk membersihkan layar saat program dijalankan adalah...
a. Writeln
b. Readln
c. Begin
d. Write
e. Clrscr

30. Bentuk dari suatu statment IF berada di dalam lingkungan statmean IF yang lainya,disebut IF dalam kondisi ...
a. IF bersarang
b. IF bercabang
c. IF tunggal
d. IF-THEN
e. IF do while-Until

31. Tipe data terstruktur yang terdiri dari sejumlah komponen ,komponen yang mempunyai tipe sama,disebut tipe data...
a. Array
b. Byte
c. Longint
d. Integer
e. Boolean

32. Perintah untuk menampilkan atau cetak dilayar monitor tanpa pindah baris ,disebut...
a. Writeln
b. Write
c. Readln
d. Read
e. Begin

33. Perintah untuk menampilkan atau mencetak dilayar monitor lalu pindah baris kebawah ,disebut...
a. Writeln
b. Write
c. Readln
d. Read
e. Begin

34. Suatu indentifier non standar yang nilainya tidak tetap atau nilainya merupakan hasil dari suatu proses,disebut…
a. Variabel
b. Ripe data
c. prosedur
d. deklarasi
e. Array

35. Suatu program terpisah dalam blok sendiri yang berfungsi sebagai subprogram ( program bagian) ,disebut...
a. Variabel
b. Tipe data
c. Prosedur
d. Deklarasi
e. Array

36. Berikut ini yang termasuk operator aritmatika yaitu ….
a. *
b. /
c. %
d. +
e. Semua benar

37. Array terdiri dari berbagai tipe kecuali …
a. Array Multi-Dimensi
b. Array Dimensi Satu
c. Array Dimensi Tiga
d. Array Dimensi Dua
e. Semua jawaban benar

38. Nama variabel berikut ini yang benar adalah …
a. NamaGuru
b. Alamat Guru
c. alm gr
d. sts/status
e. tpt.tgl

39. Tipe data yang cocok untuk menyimpan data nama siswa adalah …
a. Numeric
b. Character
c. Date/Time
d. Array
e. Integer

40. Pemberian nama variabel yang benar adalah …
a. %nilai
b. nilai_mahasiswa
c. nama mahasiswa
d. &panjang
e. alamat!





 Mesin Pencetak Uang , Belajar editing , Belajar melalui tutorial dan informasi lengkap