Inilah Cara Mencegah Penyakit Jantung Berbahaya

Inilah Cara Mencegah Penyakit Jantung Berbahaya

Inilah Cara Mencegah Penyakit Jantung Berbahaya , Cara mencegah penyakit jantung
Penyakit jantung adalah penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh seseorang. Mungkin penyakit ini bisa dikatakan penyakit paling berbahaya bagi manusia dan sangat jarang sekali orang dapat menyembuhkannya dengan biaya yang murah. Jika kita melihat banyaknya penderita penyakit jantung, mungkin anda tidak akan percaya bahwa lebih dari seribu jiwa setiap harinya mengalami penyakit jantung di Indonesia. Daripada kita termasuk kedalam salah satu dari penderita penyakit ini, lebih baik kita mencegahnya terlebih dahulu. Berikut ini akan dirangkum cara cara mencegah penyakit jantung :

Cara mencegah penyakit jantung alami

1. Mengkonsumsi sayur - sayuran yang berdaun hijau

Ada banyak sayuran yang ada di Indonesia ini dan tentu saja dengan harga yang murah meriah. Kamu bisa mencegah penyakit jantung dengan cara mengkonsumsi sayur sayuran berwarna hijau seperti bayam, kangkung, lobak, dll. Sayuran berwarna hijau ini sangat baik untuk kesehatan tubuh, selain mengandung vitamin C dan zat besi, sayuran ini berkhasiat untuk kesehatan jantung, gigi, dan rambut. Selain vitamin C, juga terdapat Vitamin A yang dapat membantu pertahanan tubuh kamu. Jadi, janganlah kamu bermalas - malasan untuk tidak memakan sayuran ini, karena kesehatan tubuh kamu banyak terdapat didalamnya.

2. Sarapan Bubur Gandum

Siapa sangka bahwa ternyata bubur gandum memiliki banyak khasiat. Selain rasanya yang lezat, ternyata bubur ini mengandung serat beta-glucan , yaitu serat yang mampu menurunkan kolesterol jahat yang mengakibatkan penyakit jantung. Serat ini membentuk gel tebal seperti halnya pasta yang kolesterol dalam usus dan mencegah penyerapan dalam aliran darah. Hanya 3 gram serat beta-glucan ini dapat menurunkan kolesterol hingga 10%

3. Membersihkan Gigi Secara Teratur

Kita ketahui bahwa penyakit gusi telah sering dikaitkan dengan pengerasan arteri dan serangan jantung pada manusia. Bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi ini diperkirakan memicu peradangan yang serius, yang telah dikaitkan pada penyakit jantung.

Para dokter terkenal mengatakan menyikat gigi secara teratur dan membersihkan dengan benang gigi (jika ada makanan yang terjebak pada antara gigi Anda) dapat mencegah penyakit jantung karena banyak sekali zat zat sisa makanan yang menempel pada gusi dan akibatnya bisa mengotori bagian tubuh lainnya

4. Mengkonsumsi Ikan

Kita semua tahu bahwa ikan memang sangat dibutuhkan dalam kebutuhan sehari - hari. Ada banyak sekali vitamin yang terdapat dalam tubuh seekor ikan, misalnya vitamin A, B, C, D, K, dll. Vitamin yang terdapat dalam ikan ini dan komponen zat - zat lainnya sangat penting bagi tubuh kita untuk mencegah penyakit jantung ini. Karena zat - zat tersebut mampu menghapuskan atau dalam kata lain membuang racun yang berada pada tubuh seseorang.

5. Kurangi Mengkonsumsi Manis - Manisan

Studi di negara Amerika Serikat yang diterbitkan pada tahun 2010 lalu menunjukkan bahwa gula dapat menjadi kontributor terbesar untuk tekanan darah tinggi. Seorang pakar kesehatan di negara tersebut mengatakan "Mendorong konsumen untuk mengatakann tidak pada gula, bukan garam, mungkin strategii diet yang dapat lebih baik untuk mencapaii kontrol tekanan darah."

6. Berlibur Untuk Menyegarkan Pikiran

Pergi berlibur secara teratur dapat mengurangi sepertiga risiko terkena penyakit jantung , ucap para peneliti di University of Pittsburgh, Amerika. Liburan di tempat yang cerah bisa dapat meningkatkan keuntungan pada diri. Tahun lalu, universitas di Southampton dan Edinburgh dapat menemukan bahwa sinar matahari bisa mengubah kadar oksida nitrat, yang mampu merenggangkan pembuluh darah, dan membantu tekanan darah turun.

7. Makan Yoghurt

Menurut sebuah studi dari Institut badan Kesehatan Griffith dan School of Medicine di negara Australia, dosis harian 'bakteri baik' atau probiotiik dari yoghurt dapat membantu menurunkan tekanan darah pada manusia. Salah satu teori mengatakan bahwa bakteri yang 'baik' melawan proses inflamasii terkait dengan penyakit jantung.

8. Jangan Menahan Buang Air Kecil

Cara mencegah penyakit jantung berbahaya ternyata sangatlah gampang, tetapi jika kita tidak melakukannya maka kita sendiri yang akan kena masalahnya. Ternyata dengan cara tidak menahan buang air kecil saja sudah mencegah penyakit jantung. Sebuah studi terhadap orang dengan penyakit jantung dini di Taiwan menunjukkan bahwaa kandung kemih yang terlalu penuh juga dapat menyebabkan jantung Anda berdetak lebih cepat dan juga menempatkan tekanan yang tidak perlu pada arteri koroner anda, memicu mereka untuk berkontraksi.

9. Jangan Terlalu Lama Duduk di Bangku

Terakhir, terlalu lama duduk ternyata dapat mengakibatkan penyakit yang tidak kita duga salah satunya penyakit jantung. Jangan sampai kamu duduk berdiam diri sampai 8 jam, maksimal seorang manusia itu duduk hanya 2 jam perhari saja. Ini untuk mencegah penyakit jantung.

Itulah 9 Cara Mencegah Penyakit Jantung Berbahaya , jangan sampai kamu terlambat dan mendapatkan penyakit yang mematikan ini. Jika ada sesuatu hal yang berbeda dari diri kamu, kamu sebaiknya membaca Ciri Ciri Penyakit Jantung Pada Manusia dan mengeceknya ke dokter terdekat.