Ini Dia Cara Mencegah dan Menghindari Penyakit Ginjal

Ini Dia Cara Mencegah dan Menghindari Penyakit Ginjal

 
Ini Dia Cara Menghindari Penyakit Ginjal

Ginjal adalah salah satu bagian organ terpenting pada manusia. Tanpa ginjal manusia tidak akan bisa hidup didunia. Ginjal adalah organ tubuh kita yang sangat berfungsi untuk tugas penyaringan sisa atau limbah tubuh, serta kelebihan cairan pada darah yang beredar dalam tubuh manusia. Tetapi, sangat banyak penyakit yang saat ini dapat menyerang ginjal sehingga membuat ginjal seseorang menjadi sakit bahkan hingga menjadi parah.

Salah satu penyebab penyakit ginjal adalah diabetes. Semua itu disebabkan karena gula darah yang tinggi bisa merusak pembuluh darah diseluruh tubuh, termasuk pembuluh darah kecil yang melakukan penyaringan darah. Sementara itu tekanan darah tinggi juga bisa menambah dan semakin memperburuk keadaan, lebih banyak merusak pembuluh darah dan mempercepat perkembangan penyakit ginjal.

Untuk itu sebelum terlanjur, ada baiknya kita menghindari atau mencegah sebelum penyakit ginjal ittu datang kepada diri kita. Ada pepatah yang bisa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Lakukan Hal Ini Untuk Menghindari Penyaki Ginjal

1. Minum air putih sebanyak - banyaknya

70% tubuh manusia terdiri dari air, untuk itu air sangat berperan penting untuk menyehatkan tubuh. Air putih sangat bagus untuk tubuh manusia. Air putih juga membantu tubuh untuk mempertahankan volume dan konsentrasi darah. Hal ini juga dapat membantu pencernaan dan mengontrol suhu tubuh manusia. Jadi, pastikan kamu terhindar dari dehidrasi dengan mendapatkan jumlah cairan yang cukup setiap hari. Ini adalah cara mencegah penyakit ginjal dengan sangat mudah, karena harga air putih sangat murah bahkan ada yang gratisan.

2. Jangan pernah menahan buang air kecil

Sebagian orang memilih menahan buang air kecil untuk kepentingan lainnya. Hal ini sangat tidak dianjurkan, karena ittu hanya akan berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Penyaringan darah adalah fungsi utama yang dilakukan oleh ginjal kamu. Ketika proses penyaringan dilakukan, maka jumlah kelebihan cairan limbah yang disimpan didalam kandung kemih perlu segera dibuang. Meskipun kandung kemih bisa menampung lebih banyak urin, namun rasa ingin buang air kecil bisa dirasakan saat kandung kemih sudah terisi dengan 100-150 ml urin.

3. Hilangkan kebiasaan merokok dan meminum minuman keras

Rokok mengandung zat yang sangat membahayakan tubuh manusia. Selain merusak ginjal, rokok juga dapat merusak paru - paru dan alat alat lainnya didalam tubuh manusia. Minuman keras juga sangat merusak sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga menyebabkan manusia itu mudah terserang oleh penyakit

4. Cek kesehatan tubuh secara berkala

Seseorang kadang tidak mengetahui keadaan kesehatan tubuhnya. Maka cek kesehatan tubuh kamu secara berkala misalnya sekali sebulan untuk memastikan bahwa tubuh kamu terhindar dari penyakit. Banyak penyakit yang nantinya akan berujung kepada penyakit ginjal, untuk itu dengan cara mengeceknya secara rutin maka kamu akan tahu keadaan kesehatatn tubuh kamu. Ini juga termasuk dalam salah satu cara mencegah penyakit ginjal secara rutin. Ingat, lakukan perbulan saja jika kamu terlalu sibuk untuk aktivitas lainnya.

Selain penyakit ginjal, penyakit jantung juga sangat berbahaya dalam kehidupan kita sebagai manusia. Anda perlu mengetahui Inilah Cara Mencegah Penyakit Jantung Berbahaya , jika anda sudah terlanjur terkena maka sebaiknya anda mengetahui apa saja Ciri Ciri Penyakit Jantung Pada Manusia
Sekian artikel bagaimana cara menghindari dan mencegah penyakit ginjal, sobat bisa menemukan Cara menyembuhkan penyakit Batuk hanya di Rumah Jawaban